Main Article Content

Abstract

Bandar Udara Kelas III Soa – Bajawa terletak di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur ini memiliki diemensi runway 1600 x 30 m dengan perkerasan lentur. Kepadatan lalu lintas dengan pergerakan pesawat 6 kali sehari membuat semua fasilitas yang ada terutama fasilitas sisi udara, pesawat udara ATR 72 – 600 merupakan pesawat terkritis yang beroperasi di Bandar Udara Soa – Bajawa. Belum tersedianya Turn Pad Area di ujung runway 29 dapat mempersulit pilot saat maneuvering. Sehingga diperlukan adanya perencanaan pembuatan Turn Pad Area di ujung runway 29. Hasil perencanaan luas Turn Pad Area yaitu 388,62 m2 dengan ketebalan lapisan yang dihitung dengan FAA manual yaitu 50,8 cm dan PCN sebesar 19,9 yang dihitung menggunakan software COMFAA.

Keywords

Turn Pad Area Metode FAA FAARFIELD COMFAA

Article Details

How to Cite
Betty Yuliana, Fahrur Rozi, & Nurani Hartatik. (2023). PERENCANAAN TURN PAD AREA DENGAN FLEXIBLE PAVEMENT DI BANDAR UDARA SOA BAJAWA. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 6(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v6i1.1261