Main Article Content
Abstract
Saat pembelajaran memahami Writting Aviation Job seringkali taruna melakukan kesalahan. Hal ini dikarenakan dosen tidak tepat dalam memilih metode pembelajaran. Permasalahan mendasar dalam penelitian ini adalah sebagian besar taruna Teknik Listrik Bandara kelas XIB ATKP Surabaya Tahun Ajaran 2016/2017 kurang mampu dalam pembelajaran memahami Writting Aviation Job. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemanfaatan metode group investigation dapat meningkatkan prestasi belajar Writting Aviation Job taruna Teknik Listrik Bandara kelas XIB ATKP Surabaya Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas karena penelitian tindakan kelas adalah merupakan penelitian yang lebih sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dosen, meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan kualitas taruna, serta mencapai tujuan pembelajaran atau pendidikan. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah 24 taruna Teknik Listrik Bandara kelas XIB ATKP Surabaya Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2017. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan, serta verifikasi refleksi.