Main Article Content

Abstract

Politeknik Penerbangan Surabaya menggunakan genset 500 kVA. Dimana letak dari laboratorium terintegrasi terpisah gegungnya dengan Gedung genset tempat standby teknisi. Karena belum adanya sistem monitoring jarak jauh untuk genset tersebut sehingga teknisi tidak dapat memonitoring keadaan dari genset.
Penulis mencoba untuk membuat suatu rancangan sistem short message service yang dapat melakukan control dan monitoring terhadap genset secara local maupun remote dengan sistem sms gateway.
Sistem sms gateway pada generator set dan menekankan pada parameter seperti arus, tegangan dan daya listrik menggunakan handphone melalui sms gateway sebagai control dan monitoring dan komunikasi secara serial dengan device pengontrol microcontroller. Kontol jarak jauh dilakukan langsung dari ruang standby teknisi dengan vasilitas sms gateway.

Keywords

short message service(SMS) generator set sensor arus sensor tegangan Microcontroller

Article Details

How to Cite
Junipitoyo, B., Aditya, A., & Hariyanto, D. (2018). Monitoring Fuel Genset untuk Mencegah Kegagalan Operasional Laboratorium Terintegrasi di Politeknik Penerbangan Surabaya Menggunakan SMS Gateway. Jurnal Penelitian, 3(1), 14–20. https://doi.org/10.46491/jp.v3i1.9