Main Article Content

Abstract

Penelitian ini mempunyai latar belakang untuk meningkatkan antusiasme taruna dalam mengikuti pembelajaran materi menggambar teknik, khususnya autocad 2D. Maka untuk mengatasi hal tersebut diperlukan pengembangan media pembelajaran, yang semula hanya menggunakan hand out dan ppt materi menggambar teknik, menjadi media pembelajaran audio visual dengan harapan taruna dapat lebih mudah dalam memahami materi dan dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata kuliah menggambar teknik khususnya pada materi autocad 2D. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah pengembangan media pembelajaran menggambar teknik, dan juga untuk mengetahui respon serta manfaat dari penggunaan media pembelajaran gambar teknik untuk meningkatkan prestasi belajar taruna di kelas TBL 4 A dan B. Untuk metode yang digunakan pada penelitian kali ini adalah metode angket, dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan lembar respon siswa. Pada prosentase aktifas taruna di kelas TBL 4 A  sebelumnya adalah 72%, maka dengan media audio visual menjadi 78%; sedangkan di kelas TBL 4 B  sebelumnya adalah 73%, maka dengan media audio visual menjadi 80%. Pada hasil prestasi taruna di kelas TBL 4 A dan B ketika mengerjakan pre-test mendapatkan hasil benar 2 dari 5 soal, dan ketika setelah mempelajari secara mandiri materi audio visual menggambar teknik, maka hasil evaluasinya adalah benar 4 dari 5 soal. Hasil angket taruna TBL 4 A ketika menggunakan media audio visual mendapatkan hasil ketika menggunakan media audio visual, dapat diketahui respon taruna terhadap media sebesar 86%, dan di kelas TBL 4 B sebesar 87%.

Keywords

Media Pembelajaran Audio Visual Menggambar Teknik

Article Details

How to Cite
Winiasri, L., Priyatna, N. J., & Harianto, B. B. (2021). PENGEMBANGAN DAN ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8. Jurnal Penelitian, 6(2), 142–150. https://doi.org/10.46491/jp.v6i2.564