Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode belajar video interaktif terhadap minat dan capaian hasil belajar taruna LLU XI pada mata kuliah Etos kerja. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan eksperimental control group design. Pengambilan sampel yaitu 42 taruna LLU XI A dan XI B yang terdiri dari 21 taruna pada kelas kontrol dan 21 taruna pada kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data melalui angket dan Post test. Untuk mengetahui pengaruh video interaktif terhadap minat dan hasil belajar menggunakan uji t, dan di dapatkan nilai significant 2 tailed 0,040 yaitu dibawah 0,05 artinya pada pengujian independent t test didapatkan hasil perbedaan yang significan. Uji validasi instrument dilakukan menggunakan validasi SPSS Cronbach’s alpha based on standarized items di dapatkan hasil rhitung lebih besar dibandingkan rtabel dengan menggunakan dengan tingkat signifikan 0,05 di dapatkan hasil valid dan uji Reabilitas menggunakan Cronbach’s alpha based on standarized items di dapatkan rhitung lebih besar dari 0,70 sehingga didapatkan hasil reliable. Data yang dihasilkan adalah minat belajar taruna pada kelas eksperimen lebih besar dari pada taruna pada kelas kontrol. Hasil nilai Post test didapatkan nilai rata-rata taruna kelas eksperimen lebih besar dari pada taruna pada kelas kontrol.