Main Article Content
Abstract
Strategi pembelajaran One By One Zoom Platform memiliki potensi besar untuk menanggulangi kecemasan bahasa asing khususnya bahasa inggris dan meningkatkan ketrampilan berbicara berbahasa inggris taruna di Poltekbang Surabaya. Penelitian ini menggunakan strategi pembelajaran One By One Zoom Platform. Namun, sedikit penelitian mengarah pada penelitian kecemasan dan ketrampilan berbahasa ingrris dalam strategi pembelajaran One By One Zoom Platform . Oleh karena itu pertanyaan dari penelitian ini adalah adakah pembeda antara nilai tes kuesioner kecemasan bahasa asing setelah dan sebelum diberikan perlakuan strategi pembelajaran One By One Zoom Platform? adakah pembeda antara nilai tes kuesioner ketrampilan berbicara berbahasa inggris sebelum dan sesudah diberikan perlakuan strategi pembelajaran One By One Zoom Platform?. Lebih lanjut, penelitian ini mencoba membandingkan kecemasan bahasa asing dan ketrampilan berbicara berbahasa inggris taruna setelah mendapat perlakuan strategi pembelajaran One By One Zoom Platform. Hal ini dilakukan dengan melakukan survei kecemasan Foreign Language Classroom Anxiety Scale setelah dan sebelum diberikan perlakuan strategi pembelajaran One By One Zoom Platform. Terakhir, taruna mengikuti test ketrampilan berbicara berbahasa inggris sebanyak dua kali yaitu setelah dan sebelum diberikan perlakuan strategi pembelajaran One By One Zoom Platform. Penelitian mengidentifikasikan adanya pembeda secara statistik dalam peningkatan ketrampilan berbicara berbahasa inggris. Hal ini berlaku untuk keempat area yang dinilai: kefasihan, pengucapan vokal / konsonan, pengucapan nada, dan akurasi sintaksis. Hal ini menunjukkan bahwa dari strategi pembelajaran One By One Zoom Platform dapat menghasilkan peningkatan kemampuan berbicara. Hasil survei menunjukkan bahwa ada perbedaan statistik terhadap tingkat kecemasan dengan menggunakan strategi pembelajaran One By One Zoom Platform. Sehingga bisa diambil kesimpulan bahwasanya terdapat korelasi hubungan antara setelah dan sebelum diberikan perlakuan strategi pembelajaran One By One Zoom Platform terhadap ketrampilan berbicara berbahasa inggris. Dan terdapat korelasi antara setelah dan sebelum diberikan perlakuan strategi pembelajaran One By One Zoom Platform dengan kecemasan bahasa.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.