Main Article Content
Abstract
Dalam jurnal ini, penulis akan menganalisis strategi pemasaran yang dilakukan oleh Divisi Pengembangan Usaha dan Kerja Sama saat pandemi COVID-19 untuk meningkatkan pendapatan yang diperoleh dari pendidikan dan pelatihan yang telah ditargetkan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan tujuan agar mampu mendeskripsikan dengan baik kondisi di lapangan. Dari hasil penelitian, terjadi penurunan terkait dengan pendapatan yang bersumber dari kegiatan pendidikan dan pelatihan di semester pertama jika dibandingkan dengan data 3 tahun terakhir di semester yang sama. Divisi Pengembangan Usaha dan Kerja Sama perlu untuk melakukan inovasi dan upaya yang kreatif dengan tujuan untuk melakukan transformasi dari strategi konvensional menjadi digital. Saat ini, media pembelajaran learning management system (LMS) dan Massive Online Open Source (MOOC) cukup efektif diterapkan dan diminati oleh stakeholder untuk menunjang transformasi strategi pemasaran yang dilakukan oleh Divisi Pengembangan Usaha dan Kerja Sama.