Rancang Bangun Trainer Konverter berbasis Arduino Mega 2560 sebagai Sarana Praktikum di Laboratorium Listrik Politeknik Penerbangan Surabaya

  • Rikza KS
  • Rifdian sudjoko
Keywords: Penyearah tegangan, Buck dan Boost Konverter, Inverter, Konverter daya, Mikrokontroler

Abstract

Salah satu mata kuliah Program Studi Diploma III Teknik Listrik Bandar Udara yaitu elektronika daya. Dalam mata kuliah tersebut terdapat materi tentang penyearah tegangan, buck konverter, boost konverter dan inverter yang biasa disebut sebagai konverter daya atau pengkonversian daya dari ac ke dc, ac ke ac, dc ke dc maupun dc ke ac yang sangat berguna sekali bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan energi sehari-hari. 

Pada pengkonversian daya perlu kita ketahui pula bentuk gelombang dari input dan output dari suatu rangkaian konverter agar dapat kita ketahui perbedaan dari kedua gelombangnya agar tidak salah memilih rangkaian konverter mana yang tepat untuk menyuplai suatu beban. Sehingga tidak merusak komponen-komponen dari rangkaian konverter maupun beban yang akan disuplai.

Pada konverter terdapat berbagai macam komponen – komponen elektronika yang memiliki sifat – sifat dan fungsi tertentu yang terintegrasi untuk menghasilkan konversi yang dibutuhkan. Sehingga pemahaman tentang komponen pada konverter perlu dimiliki dengan kontrol dan monitor bebasis mikrokontroler melalui Personal Computer.

Published
2018-06-04