Analisa Untuk Meningkatkan Speaking Skill Melalui Metode Guided Conversation Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Taruna Politeknik Penerbangan Surabaya

  • Meita Maharani Sukma poltekbang surabaya
  • Laila Rochmawati poltekbang surabaya
Keywords: Keterampilan berbicara, Guided Conversation, Aktivitas pembelajaran

Abstract

Proses pembelajaran merupakan salah satu bentuk program pendidikan yang dilakukan secara sistimatis. Pada proses pembelajaran dosen harus bisa membuat kegiatan belajar mengajar menjadi menyenangkan dan menarik dengan memberi para taruna waktu untuk mengeksplorasi dan memperbaiki diri. Proses belajar bahasa Inggris khususnya pengajaran keterampilan berbicara bukanlah hal yang mudah dan sederhana karena bahasa inggris adalah bahasa asing dan banyak taruna tidak terbiasa menggunakan bahasa inggris dalam percakapan sehari-hari. Kurangnya menguasai kosakata menjadi salah satu faktor penting dalam komunikasi verbal dan juga sedikit pemahaman tentang tata bahasa.
Metode pengajaran berbicara yang digunakan oleh dosen dalam kegiatan belajar bahasa inggris ini yaitu metode guided conversation, yang diharapkan metode fleksibel ini bisa membuat proses belajar mengajar menjadi menyenangkan dan menarik. Penerapan metode ini diharapkan taruna dapat berperan aktif di kelas tidak hanya sebagai pendengar tapi juga sebagai pembicara yang melakukan komunikasi dua arah.

Published
2018-03-01