Pengaruh Pengaturan Air Fuel Ratio Terhadap Torsi dan Daya Mesin Bensin Berbahan Bakar Premium-Compressed Natural Gas

  • Bambang Junipitoyo

Abstract

Sehubungan rendahnya nilai karakteristik dan ditunjukkan pada propertisnya dari compressed natural gas (CNG) dibandingkan dengan premium, maka berdampak penurunan performa engine yang berbahan bakar asal premium.

Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian pada engine Bensin 2 silinder 650 cc pada variable speed 2000 - 5000 rpm dengan interval 500 rpm, metode yang digunakan untuk mengetahui nilai settingan yang optimum adalah dengan mengatur air fuel ratio (AFR). Durasi injeksi yang digunakan pada penelitian ini sebesar 6 ms melalui mapping pada software AC GAS SYNCHRO 9.1.0. Sedangkan pengaturan AFR dilakukan dengan menambahkan suplai udara melalui blower dan melakukan pengukuran dengan AFR meter berdasarkan kriteria settingan durasi injeksi pada setiap putaran engine.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pengaturan durasi injeksi dan nilai AFR yang tepat pada engine Bensin berbahan bakar CNG terjadi pada durasi injeksi 6.6 ms dengan penambahan suplai udara pada saluranĀ  intake. Hasil yang didapatkan pada pengaturan ini adalah nilai torsi, daya, secara berturut turut sebesar 41,83 Nm, 16,4 kW atau mengalami kenaikan sebesar 1,22 %, 1,12 % terhadap premium. Nilai efisiensi thermal menurun masing-masing sebesar 21,48 %

Published
2018-11-14