Main Article Content

Abstract

Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta adalah bandara terbesar di Indonesia dengan luas mencapai 18 km2, dengan rute penerbangan mencapai 1657 penerbangan setiap hari, yang merupakan penerbangan terbanyak se-Indonesia. PT. Angkasa Pura II merupakan Badan Usaha Milik Negara yang mengelola pelayanan jasa kebandar-udaraan di Bandara Soekarno Hatta. Bandara ini memiliki 3 Terminal Penumpang yaitu T1, T2, dan T3. Masing-masing terminal tersebut mempunyai beberapa sub terminal. Oleh karena begitu luas area pengelolaan dan begitu padat aktifitas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta, maka perlu adanya topologi dan konfigurasi jaringan yang tepat untuk mengoptimalkan koneksi antar terminal di Bandara Soekarno Hatta. Pada Penelitian ini, digunakan routing OSPF (Open Shortest Path First) dengan berbagai jenis topologi dan konfigurasi area untuk menentukan routing yang paling optimal yang dapat diterapkan di Bandara Soekarno Hatta.

Keywords

Routing OSPF Bandara Soekarno-Hatta

Article Details

How to Cite
Moonlight, L. S. (2018). Optimasi Simulasi Routing OSPF (Open Shortest Path First) di Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Penelitian, 3(4), 29–42. https://doi.org/10.46491/jp.v3i4.117