Analisis Kepuasan Penumpang Terhadap Kinerja Pelayanan Di Stasiun Madiun

  • Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil Lingkungan Dan Kebumian, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  • Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil Lingkungan Dan Kebumian, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
Keywords: Kepuasan penumpang, Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI)

Abstract

Meningkatnya jumlah penumpang untuk naik moda kereta api maka pemerintah berupaya meningkatkan kapasitas kereta api Indonesia. Rel jalur tunggal saat ini sudah tidak seimbang seiring dengan banyaknya jumlah frekuensi kereta api yang menggunakannya. Pembangunan jalur ganda merupakan upaya perbaikan jalur kereta seta upaya memberikan pelayanan yang lebih baik kepada penumpang. Stasiun juga harus mampu menampung kebutuhan pengguna jasa dalam memberikan pelayanan dan fasilitas terbaik pada penumpang. Studi ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik apa saja yang menjadi pertimbangan kepuasan terhadap pelayanan di stasiun Madiun. Analisis data hasil dari kuesioner diolah menggunakan analisis kuadran dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil analisis data menunjukan bahwa secara keseluruhan penumpang merasa puas dengan kinerja yang diberikan pihak stasiun. Namun masih terdapat beberapa atribut yang kinerjanya kurang yaitu fasilitas untuk penyandang disabilitas, tinggi peron dan lantai kereta, kurangnya informasi dalam bentuk visual, serta ketersediaan tempat parkir yang kurang luas.

Published
2018-10-18
Section
Articles