DAMPAK KENAIKANN HARGA TIKET PESAWAT UDARA TERHADAP MINAT PENGGUNA JASA PENERBANGAN DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDAANALISA

  • Amira Fadhila POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA
  • Ridho Rinaldi POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA
  • Dani Chandra1 POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA
Keywords: harga, pengguna jasa, SPSS

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh pengamatan penulis mengenai kenaikan harga tiket pesawat pada akhir tahun 2018 hingga saat ini, perubahan harga tiket pesawat udara ini menyebabkan tingkat perkembangan pengguna jasa penerbangan berfluktuasi. Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah kenaikan harga jual tiket pesawat berdampak signifikan terhadap minat pengguna jasa penerbangan dan bagaimana model peramalan atau forecasting jumlah penumpang domestik di PT (Persero) Angkasa Pura I cabang Bandar Udara Internasional Juanda dengan metode Time Series Regression. Metode pengolahan data pada penelitian ini menggunakan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS). Dan pengumpulan data didapatkan dengan metode observasi langsung di lapangan, wawancara, dan studi kepustakaan.  Dari hasil survei yang diolah dengan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) disimpulkan penurunan jumlah penumpang di Bandara Juanda untuk penerbangan domestik sebesar 42.036 penumpang kali setiap penambahan bulan berjalan dan menunjukkan bahwa 88,9% kenaikan harga ini tidak disertai dengan perubahan layanan yang lebih baik dari maskapai itu sendiri. Yang menyebabkan 66,7% pengguna jasa penerbangan memilih untuk  berganti moda transportasi sampai membatalkan penerbangannya.

Published
2019-11-28