DAMPAK KURANGNYA PERSONEL AIR TRAFFIC CONTROLLER TERHADAP PEMBERIAN PELAYANAN LALU LINTAS PENERBANGAN DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL HUSEIN SASTRANEGARA BANDUNG

  • Muhammad Kokon Shandy Politeknik Penerbangan Surabaya
  • Paramita Dwi NAstiti Politeknik Penerbangan Surabaya
  • Elly Pudjiastuti Politeknik Penerbangan Surabaya
Keywords: Personel, Air Traffic Controller, Pelayanan

Abstract

Adanya pengaruh antara kurangnya personel Air Traffic Controller dengan pemberian pelayanan lalu lintas penerbangan di Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara Bandung inilah yang membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian. Masalah tersebut tentunya berkaitan dengan jumlah traffic yang semakin bertambah dan jumlah Air Traffic Controller yang  tidak memadai sehingga mengakibatkan adanya hambatan dan gangguan, seperti beban kerja yang semakin bertambah dan menyebabkan stress, fatigue, serta respon dan konsentrasi menurun. Kondisi tersebut tentunya mengganggu Air Traffic Controller (ATC) dalam memberikan pelayanan lalu lintas penerbangan, sehingga pemberian pelayanan lalu lintas penerbangan tidak bisa diberikan dengan optimal.

Dalam penelitian ini populasi yang penulis ambil adalah 7 personil ATC di unit APP di Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara Bandung. Variabel yang dikaji yaitu variabel independen (X) yaitu jumlah personil ATC dan variabel dependen (Y) yaitu pemberian pelayanan lalu lintas penerbangan. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu menggunakan observasi, dokumentasi, kuesioner, dan wawancara, serta studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Perekrutan tenaga kerja baru yang sesuai dengan kebutuhan dan kompetensi bandar udara, perencanaan dan penempatan sumber daya manusia yang sesuai kompetensi untuk mempekirakan jumlah kebutuhan Air Traffic Controller sehingga beban kerja bisa teratasi, dan peningkatan pengetahuan sumber daya manusia khususnya di bidang Air Traffic Controller sehingga kemampuan setiap Air Traffic Controller terlatih dan terampil dalam bekerja. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan alternatif pemecahan masalah sehingga masalah-masalah yang terjadi terkait pemberian pelayanan lalu lintas penerbangan dalam pemberian pelayanan lalu lintas penerbangan dapat tercipta dengan baik. Penulis juga berharap agar hasil dari penelitian ini bisa bermanfaat guna meningkatkan pelayanan lalu lintas udara yang aman, nyaman, teratur, dan efisien di Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara Bandung.

Published
2019-11-28