Main Article Content

Abstract

Proyektor adalah salah satu media pembelajaran di kampus Politeknik Penerbangan Surabaya yang digunakan untuk menampilkan materi pembelajaran. Tujuan perancangan ini adalah untuk menjadikan media proyektor yang sudah ada dapat terkoneksi secara lebih mudah sebagai sarana penunjang media pembelajaran. Rancangan ini dibuat dengan menggantikan fungsi kabel sebagai penghubung antara end device ke proyektor menjadi secara wireless. Perangkat ini menggunakan Raspberry Pi sebagai akses poin dan sebagai command-processing. Diperlukan software VNC Viewer untuk dapat mengakses Raspberry sehingga dapat bekerja secara remote dari PC Client. Kelebihan teknologi ini adalah mengeliminasi penggunaan kabel, yang dapat mengganggu secara estetika, dan juga kerumitan instalasi untuk menghubungkan lebih dari 2 pengguna saat bersamaan.


Tujuan akhir yang dicapai adalah proses proyeksi dapat dilakukan secara otomatis pada semua device dan diakses oleh siapapun dalam ruangan tanpa menggunakan kabel sehingga menunjang kegiatan pembelajaran taruna Politeknik Penerbangan Surabaya.

Keywords

Wireless LCD Projector Raspberry Pi VNC

Article Details

How to Cite
Mukti, A., Warsito, T., & Supardam, D. (2018). RANCANGAN WIRELESS LCD PROJECTOR BERBASIS RASPBERRY PI MENGGUNAKAN IP ADDRESS. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 2(2). https://doi.org/10.46491/snitp.v2i2.271