Main Article Content

Abstract

Perkembangan dalam dunia teknologi begitu cepatnya, suatu sistem yang bekerja secara otomatis dengan hasil yang akurat sangat diperlukan dalam penyelesaian suatu pekerjaan. Kebutuhan ini digunakan suatu robot yang memiliki kecerdasan dan keunggulan tertentu dalam suatu hal. Robot digunakan karena ketepatan, kecepatan dan akurasi yang tinggi terhadap penyelesaian suatu masalah yang diberikan terlebih lagi bila diperlukan waktu penyelesaian yang cukup lama dimana melebihi batas kemampuan manusia. Oleh karena itu peneliti merancang sebuah robot yang dapat bergerak kemana saja dengan perintah melalui gesture tangan.
Prinsip kerja dari alat ini ialah membaca gesture tangan dengan bantuan sensor accelerometer. Input yang dihasilkan akan diproses pada mikrokontroller Arduino Nano, hasil yang dihasilkan akan berupa perintah yang akan dikirimkan melalui modul RF 433. Pada receiver, perintah tersebut akan diterima oleh modul RF433 kemudian diproses oleh IC L293D. Perintah yang diproses tersebut akan diterjemahkan sehingga akan menggerakan motor dc yang terdapat pada robot car dan perintah tersebut berupa maju, mundur, belok kiri, maupun kanan.

Keywords

Arduino Nano sensor accelerometer modul RF 433 IC L293D motor dc

Article Details

How to Cite
Wijayanto, R., Pambudiyatno, N., & Sawali, S. (2018). RANCANGAN KONTROL ROBOT CAR MENGGUNAKAN GESTUR TANGAN BERBASIS ARDUINO NANO DAN AVR DENGAN SENSOR ACCELEROMETER. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 2(2). https://doi.org/10.46491/snitp.v2i2.250