RANCANG BANGUN PROTOTIPE PROTEKSI SISTEM DISTRIBUSI TEGANGAN RENDAH BERBASIS MIKROKONTROLER VIA WI-FI DI POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA

  • Ilham Caesar Pamungkas Politeknik Penerbangan Surabaya
  • Prasetyo Iswahyudi Politeknik Penerbangan Surabaya
  • Supriyanto Supriyanto Politeknik Penerbangan Surabaya
Keywords: Dip and Swell Voltage, Overload, Over Temperature, Internet of Things

Abstract

Sistem distribusi tegangan rendah adalah bagian dari sistem tenaga listrik yang berada di antara sumber daya listrik dan pemakai tenaga listrik. Untuk menjaga kontinuitas pelayanan distribusi daya, kondisi-kondisi tertentu perlu pengkontrolan. Dalam penelitian ini, pengkontrolan dilakukan apabila terjadi tegangan tidak stabil (dip and swell voltage) pada saluran tegangan rendah, kondisi beban lebih (overload), dan suhu lebih (over temperature) pada transformator distribusi.

Langkah-langkah metode untuk rancang bangun ini adalah analisis, perancangan, pembuatan, dan pengujian. Dengan memanfaatkan jaringan wi-fi sebagai sarana pengiriman data saat terjadi gangguan menuju komputer server dimana mikrokontroler mendapatkan informasi dari sensor tegangan, sensor arus, dan sensor suhu. Pengiriman dilakukan saat arus beban sudah melebihi batas maksimal yaitu 0,62 A serta suhu yang melebihi 42°C.

Dalam rancang bangun ini, jika saat terjadinya gangguan dan tidak ada penanganan apapun terhadap sistem distribusi listrik maka beban akan dimatikan secara otomatis.

Published
2018-11-12