RANCANG BANGUN KONTROL DAN MONITORING OTOMATISASI JALUR DISTRIBUSI AIR BERSIH BERBASIS MIKROKONTROLLER VIA ANDROID DI BANDAR UDARA SYAMSUDIN NOOR BANJARMASIN

  • Ilham Amiluddin Politeknik Penerbangan Surabaya
  • Prasetyo Iswahyudi Politeknik Penerbangan Surabaya
  • Supriyanto Supriyanto Politeknik Penerbangan Surabaya
Keywords: Distribusi air, Mikrokontroller, Gate valve elektronik, Android

Abstract

Distribusi air mempunyai peranan yang penting untuk menunjang pelayanan jasa penerbangan. Untuk menjaga kontinuitas pelayanan tersebut, kondisi jalur distribusi perlu di-monitoring. Jalur distribusi akan di-monitoring dan akan dioperasikan, baik secara otomatis maupun secara manual menggunakan media android. jika teknisi menginginkan membuka atau menutup gate valve hanya dengan menekan tombol pada android. Parameter yang dimonitoring pada rancangan ini volume air pada bak penampungan dan tandon air.

Rancangan ini dapat dioperasikan secara manual maupun otomatis melalui android serta dapat dioperasikan dari jarak jauh. Rancangan ini menggunakan perangkat keras terdiri dari mikrokontroller Arduino uno sebagai pusat kontrol sistem, sensor ultrasonik sebagai pendeteksi ketinggian air bak penampungan dan tandon, relay sebagai media kontak antara mikrokontroller, gate valve elektronik serta power pompa, LCD sebagai tampilan pada alat peraga dan modul wifi sebagai media komunikasi antara alat peraga dan android. sedangkan perangkat lunak tediri dari arduino IDE dan Android Studio.

Hasil pengujian menunjukan bahwa sistem dapat beroperasi dengan baik, sistem ini dapat beroperasi secara manual dan otomatis sesuai dengan kebutuhan yaitu menjaga kontinuitas distribusi air serta sistem dapat dioperasikan dari jarak jauh.

Published
2018-11-12