Main Article Content

Abstract

Precission Approach Path Indicator (PAPI) adalah salah satu peralatan visual aids yang berfungsi sebagai penunjang keselamatan penerbangan. Alat ini digunakan sebagai penentu touchdown zone saat pesawat melakukan pendaratan dengan membaca sudut dari pancaran cahaya yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memudahkan kinerja teknisi dan menambah kehandalan Precission Approach Path Indicator (PAPI) agar kepresisian sudut elevasi tetap terjaga. Metode penelitian dengan melakukan observasi Precission Approach Path Indicator (PAPI) pada masa On The Job Training (OJT) di Bandar Udara Internasional Juwata Tarakan, serta mengacu pada pedoman Annex 14 – Aerodrome dan dokumen Direktoral Jendral Perhubungan Udara tahun 2004 tentang Manual Of Standart Aerodrome, Tahun 2012 tentang Pentunjuk dan Tata Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil, dan KP 2 Tahun 2013 Tentang Kriteria Penempatan dan Utilitas Bandar Udara. Hasil pengujian dengan ketelitian sensor IMU MPU – 6050 adalah 0,175˚ akan memudahkan teknisi melakukan perbaikan dan menambah keandalan Precission Approach Path Indicator (PAPI) dengan menambah fitur otomatisasi menaik turunkan box PAPI ketika terjadi perubahan sudut mengunakan motor Stepper, sehingga kepresisian sudut Precission Approach Path Indicator (PAPI) tetap terjaga demi keselamatan dan kelancaran pendaratan pesawat.

Keywords

Precission Approach Path Indicator (PAPI) Touchdown Zone motor Stepper SENSOR IMU MPU - 6050 Visual Aids

Article Details

How to Cite
Alfian, M. F., & Rifdian, R. (2018). PROTOTYPE KONTROL DAN MONITORING SUDUT KEMIRINGAN PAPI (PRECISSION APPROACH PATH INDICATOR) BERBASIS MIKROKONTROLER. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 2(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v2i1.205