Main Article Content
Abstract
Peran transportasi udara sangat dibutuhkan di Indonesia bahkan internasional kerena Indonesia merupakan Negara kedaulatan. Setiap pulau di Indonesia memiliki kontruksi permukaan yang berbeda – beda salah satunya hal yang paling penting terhadap pesawat yaitu dengan perawatan wheel karena wheel merupakan komponen yang penting dalam pesawat. Apabila wheel dalam kondisi buruk maka pesawat tersebut tidak bisa beroperasi sehingga harus menunggu pergantian wheel yang baru sesuai dengan standart keamanan wheel.
Adapun perawatan dalam pergantian wheel pada pesawat Boeing 737-200 di hangar Politeknik Penerbangan Surabaya. dilaksanakanmaintenance wheel secara on condition supaya pesawat bisa tetap safety dalam pengoperasiannya. Pada saat melakukan praktikum bongkar pasang harus dilaksanakan sesuai dengan aircraft maintenance manual (AMM). Mulai dari urutan pemasangan hingga urutan pelepasan itu semua tercantum dalam aircraft maintenance manual (AMM) sesuai dengan jenis pesawat yang dirawat Boeing 737-200. Pada saat melakukan bongkar pasang dibutuhkan tool yang cocok agar tidak merusak komponen saat melakukan pekerjaan perwatan wheel.
Alat yang digunakan dalam penggatian wheel pada Boeing 737-200 di Politeknik Penerbangan Surabaya harus aman dan mudah digunakan serta tepat dengan aircraft maintenance facility (AMM). Alat ini pada prinsipnya akan disambungkan dengan torque wrenches dan akan ditempatkan pada nut di wheel Boeing 737-200. Tekanan pada saat pemasangan wheel harus sesuai dengan aircraft maintenance manual (AMM) untuk terjaga keselamatannya.